Apakah Pique Sengaja Dapat Kartu Kuning?


Jakarta - Ada dugaan kalau Gerard Pique sengaja mendapat kartu kuning saat Barcelona menundukkan Arsenal di Liga Champions. Kartu kuning itu membuat dia 'bersih' jika The Catalans lolos ke perempatfinal.

Pique dapat kartu kuning karena melanggar Danny Welbeck di babak kedua. Kecurigaan kalau dia sengaja mendapat kartu kuning muncul karena momen tersebut terjadi sekitar 80 detik setelah dia mendatangi Luis Enrique di pinggir lapangan dan berbicara singkat dengan sang pelatih.

Atas kartu kuning tersebut Pique terkena hukuman akumulasi. Itu artinya dia tidak akan bisa main saat Barca gantian menjamu The Gunners di Camp Nou. Ketiadaan Pique bisa jadi bukan merupakan kehilangan besar karena Barca akan main di kandang dan sudah dalam posisi unggul 2-0.

Meski absen di leg kedua babak 16 besar, Pique dan Barca dapat keuntungan dari kartu kuning yang dia terima. Soalnya dia akan berlaga di babak perempatfinal dalam kondisi bersih dari kartu kuning - tentunya dengan asumsi Barca lolos.

Siapa lawan Barca di 8 besar belum diketahui karena akan ditentukan melalui drawing. Menggunakan sistem penggundian terbuka, Lionel Messi dkk bisa saja bertemu Real Madrid, Bayern Munich, atau Wolfsburg dan Zenit St Petersburg.

"Itu tidak disengaja, semua yang melihat pelanggaran itu tahu," Enrique membantah tuduhan yang datang.

Namun pernyataan Enrique itu diragukan Ian Wright. Matan pemain Arsenal yang kini menjadi pundit BT Sport itu menyebut kalau Pique sengaja mendapatkan kartu kuning.

"Saya pikir begitu (disengaja). Anda harus melakukan itu. Anda lihat bagaimana peran Pique untuk mereka (Barca), dia pemain yang dibutuhkan untuk babak-babak akhir. Dia (Enrique) tidak harus bilang padanya (Pique) untuk mendapat kartu kuning," ucap Wright di DailyMail.

Pemain sengaja mendapat kartu kuning terhitung sering terjadi. Di tahun 2010 Jose Mourinho dinyatakan bersalah karena meminta dua pemainnya, Xabi Alonso dan Sergio Ramosm, untuk mendapat kartu merah dengan menggulur waktu di atas lapangan saat berhadapan dengan Ajax Amsterdam.

Alonso dan Ramos dapat kartu merah, yang membuat mereka absen di laga terakhir fase grup - yang tidak menentukan lagi karena El Real sudah dipastikan lolos. Namun keduanya bersih dari kartu saat masuk fase knock out.

UEFA bukannya diam saja dengan aksi-aksi tersebut. Jose Mourinho dan beberapa pemain Madrid dikenai sanksi atas kejadian tersebut. Otoritas sepakbola Eropa itu kemudian juga mengeluarkan aturan soal pemain yang sengaja mendapat kartu kuning. Jika berdasarkan penyelidikan seorang pemain diputuskan sengaja dapat kartu kuning maka dia bisa dihukum larangan main dua laga atau untuk waktu tertentu yang diputuskan kemudian.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Apakah Pique Sengaja Dapat Kartu Kuning?"

Posting Komentar