Coppa Italia Kalahkan Inter via Adu Penalti, Juventus Jumpa Milan di Final



Milan - Juventus harus bekerja ekstra keras untuk lolos ke final Coppa Italia. Mendapat perlawanan sengit dari Inter Milan, Juve harus melewati babak adu penalti untuk menang.

Dalam pertandingan leg kedua babak semifinal di Giuseppe Meazza, Rabu (3/3/2016) dinihari WIB, Inter turun tanpa Joao Miranda dan Jeison Murillo yang terkena akumulasi kartu. Sementara Stevan Jovetic harus menepi karena cedera.

Dari kubu Juve, Massimiliano Allegri mengistirahatkan sejumlah pemain pilar seperti Gianluigi Buffon dan Mario Mandzukic. Mereka juga kehilangan Giorgio Chiellini dan Claudio Marchisio yang cedera.

Inter yang tertinggal 0-3 secara agregat bermain dengan tempo tinggi. Satu gol mereka hasilkan di babak pertama lewat Marcelo Brozovic.

Di babak kedua, Inter yang tak mengendurkan serangan menambah dua gol lagi melalui Ivan Perisic dan penalti Brozovic. Menang 3-0 atas Juve, Inter memaksa laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Namun tak ada gol yang tercipta di babak extra time. Laga akhirnya harus ditentukan lewat adu penalti. Di babak adu penalti, hanya Rodrigo Palacio yang gagal melakukan eksekusi. Sementara lima penendang Juve sukses melaksanakan tugasnya. Juve menang 5-3 dalam adu penalti.

Di babak final, Juve ditunggu AC Milan yang sudah lebih dulu lolos setelah menyingkirkan Alessandria. Babak final akan digelar pada 21 Mei mendatang.

Jalannya Pertandingan

Harus mengejar defisit tiga gol, Inter mengambil inisiatif menyerang. Tekanan Inter menghasilkan gol di menit ke-16. Berawal dari keberhasilan Gary Medel merebut bola dari Hernanes, dia kemudian langsung mengoper bola kepada Marcelo Brozovic. Brozovic lantas melepaskan tembakan dengan kaki kanan tepat di depan kotak penalti dan tak bisa dijangkau oleh Neto.

Inter nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-24. Tapi tembakan Adem Ljajic masih membentur mistar gawang. Sementara Juve kesulitan menciptakan peluang, Inter kembali mengancam lewat Ljajic, tapi kali ini sepakannya masih melebar.

Memasuki babak kedua, Inter masih tampil dengan tempo tinggi. Empat menit usai restart, Inter berhasil mencetak gol keduanya. Eder yang bekerja sama dengan Ljajic di sisi kanan kemudian melepaskan umpan ke depan gawang yang dengan mudah dituntaskan oleh Ivan Perisic.

Peluang bagus didapat Juve di menit ke-55 untuk memperkecil ketertinggalan sekaligus mencuri gol tandang. Tapi sepakan keras Simone Zaza masih membentur mistar gawang.

Dari sana, Inter melakukan serangan balik dengan cepat. Ljajic yang menerima umpan terobosan langsung menggiring bola mendekati kotak penalti Juve. Ljajic kemudian melepaskan tembakan dengan kaki kanan, tapi masih menyamping tipis dari gawang.

Inter mendapat hadiah penalti di menit ke-82 setelah Perisic dijatuhkan oleh Daniele Rugani. Brozovic yang maju sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya dan mengubah skor menjadi 3-0. Agregat kedua tim kini jadi imbang 3-3.

Di masa injury time, Neto melakukan penyelamatan bagus untuk menghindarkan Juve dari kekalahan. Palacio yang ada di sisi kiri mengirim umpan ke dalam kotak penalti yang langsung disambar oleh Perisic. Tapi Neto menunjukkan refleks bagus untuk menepis bola.

Sampai wasit meniup peluit panjang, tak ada gol lagi yang tercipta. Pertandingan harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Di babak pertama masa perpanjangan waktu, peluang pertama diperoleh Inter lewat sundulan Perisic. Tapi Neto lagi-lagi bisa menggagalkannya.

Juve balik mengancam. Zaza mampu merebut bola dari D'Ambrosio dan membawa bola hingga ke kotak penalti. Zaza kemudian melepaskan tembakan dengan kaki kiri ke arah tiang jauh tapi melebar tipis dari gawang.

Di penghujung babak perpanjangan waktu, Carizzo melakukan dua penyelamatan sekaligus untuk menjaga skor tetap imbang. Dia menepis tembakan dan sundulan Morata secara berturut-turut. Dua penyelamatan tersebut memaksa laga dilanjutkan ke babak adu penalti.

Di babak adu penalti, kelima penendang Juve mengeksekusi penalti dengan sukses. Sementara satu-satunya eksekutor Inter yang gagal menjalankan tugasnya adalah Palacio setelah tendangannya membentur mistar gawang. Juve menang 5-3 dalam adu penalti.

Juventus

Barzagli: gol
Zaza: gol
Morata: gol
Pogba: gol
Bonucci: gol

Inter
Brozovic: gol
Palacio: gagal (membentur mistar gawang)
Manaj: gol
Nagatomo: gol

Susunan Pemain

Inter: Carrizo; Santon, D'Ambrosio, Juan Jesus, Nagatomo; Brozovic, Medel, Kondogbia (Biabiany 46); Perisic, Eder (Manaj 113), Ljajic (Palacio 74)

Juventus: Neto; Lichtsteiner (Barzagli 55), Rugani, Bonucci, Alex Sandro; Cuadrado, Sturaro, Hernanes (Lemina 70), Asamoah (Pogba 85); Zaza, Morata

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Coppa Italia Kalahkan Inter via Adu Penalti, Juventus Jumpa Milan di Final"

Posting Komentar