Barcelona Bangun The New Camp Nou, Tembus 105 Ribu Kursi Penonton

 
BARCELONA - Barcelona berniat membuat Stadion Camp Nou jadi lebih megah. Blaugrana siap memugar stadion kebanggaannya jadi The New Camp Nou dengan daya tampung yang bakal melebihi 100 ribu kursi penonton.

Dilansir worldsoccer, kapasitas Camp Nou yang saat ini mencapai 99.354 kursi penonton bakal ditambah menjadi 105 ribu. Rencana pemugaran pun sudah diperhitungkan dengan bakal memakan biaya 500 juta poundsterling atau sekitar Rp93,5 triliun dalam durasi empat tahun.

Selain menambah daya tampung, bagian Camp Nou yang akan dirombak adalah bagian atap yang nantinya stadion bakal punya kanopi. Tak lupa perombakan di sisi stadion juga masuk dalam rencana tersebut.

Arsitek asal Jepang Nikken Sekkei ditunjuk menyelesaikan mega proyek ini dengan perusahaan Catalan Pascual i Ausio Arquitectes. Jika tak ada halangan, stadion baru akan selesai pada 2021-2022.

Penunjukkan Sekkei melewati tahapan penjurian yang diisi anggota klub, arsitek lokal, dan pejabat Catalan. Di situs resmi klub, Barcelona menunjuk dua pihak di atas tak lepas dari konsep megahnya untuk merombak Camp Nou.

"Proposalnya menyajikan upaya yang sangat halus dalam campur tangan lingkungan untuk memperlancar sirkulasi dan mencapai beragam penggunaan perkotaan di kawasan Barca dan menjamin pembangunan yang jelas dan aman," jelas pernyataan klub.

"Singkatnya, itu adalah solusi yang unik, mereproduksi visi karakteristik dari tribun hingga kanopi, dari dalam hingga luar, penghargaan yang kuat untuk stadion yang dibangun Francesc Mitjans pada tahun 1957," tutup pernyataan klub.

Langkah ini bisa dibilang sebagai upaya Barcelona tak ketiban sial seperti Real Madrid. Sebelumnya Los Blancos juga berniat merubah Stadion Santiago Bernabeu namun digagalkan Mahkamah Agung Madrid.

Rencana ini sendiri sudah mencuat sejak 2014 lalu. Saat itu rencana pemugaran Stadion Camp Nou dikemukakan presiden Barca terdahulu Sandro Rosell.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Barcelona Bangun The New Camp Nou, Tembus 105 Ribu Kursi Penonton"

Posting Komentar