Piala FA : Kalahkan Arsenal, Watford Lolos ke Semifinal



London - Watford membuat kejutan di babak perempatfinal Piala FA. The Hornets mengalahkan juara bertahan Arsenal dengan skor 2-1 untuk merebut tempat di semifinal.

Pada pertandingan di Emirates Stadium, Minggu (13/3/2016), Arsenal menurunkan hampir semua pemain terbaik mereka. David Ospina tampil di bawah mistar untuk menggantikan Petr Cech yang cedera, sementara posisi full-back diisi oleh Calum Chambers dan Kieran Gibbs.

Arsenal tampil mendominasi, tapi tak mampu bikin gol di babak pertama. Pada babak kedua, Watford yang mengandalkan serangan-serangan balik memimpin 2-0 lewat gol Odion Ighalo dan Adlene Guedioura.

Arsenal berusaha keras untuk mengejar ketertinggalan di sisa waktu. Namun, mereka cuma bisa membalas sekali melalui gol Danny Welbeck.

Jalannya Pertandingan

Olivier Giroud menggetarkan gawang Watford ketika pertandingan baru berjalan sembilan menit. Namun, wasit tak mengesahkannya sebagai gol karena Giroud berada dalam posisi offside ketika menerima umpan dari Alexis Sanchez.

Pada menit ke-30, Mohamed Elneny menyia-nyiakan sebuah peluang emas untuk membawa Arsenal unggul. Elneny berdiri bebas di kotak penalti Watford, tapi tembakan volinya melambung tinggi.

Elneny kembali membuang peluang pada menit ke-40. Dia tak terkawal ketika menyambut operan pendek dari Joel Campbell, tapi tembakannya dari dalam kotak penalti tak mengarah ke sasaran.

Beberapa saat kemudian, giliran Campbell yang tak mampu memaksimalkan kesempatan yang diperolehnya. Dia menyambar sebuah bola liar di depan gawang, tapi usahanya masih sedikit melambung. Hingga berakhirnya babak pertama, skor masih 0-0.

Watford mengejutkan Arsenal pada menit ke-50 lewat gol Ighalo. Gol ini diawali oleh lemparan ke dalam oleh Nathan Ake. Bola disundul oleh Troy Deeney dan si kulit bundar kemudian jatuh ke kaki Ighalo. Meski dibayang-bayangi Gabriel Paulista, Ighalo masih mampu menembak dan membawa timnya memimpin 1-0.

Tiga menit kemudian, Arsenal berpeluang menyamakan skor lewat Elneny. Tapi, sepakan jarak jauh Elneny mengarah tepat ke kiper Costel Pantilimon.

Watford menggandakan keunggulannya menjadi 2-0 berkat gol Guedioura pada menit ke-63. Guedioura yang menerima operan dari Deeney melepaskan tembakan keras ke pojok atas gawang tanpa bisa dihentikan oleh kiper David Ospina.

Arsenal yang ketinggalan dua gol langsung berupaya meningkatkan daya gedor mereka. Manajer Arsene Wenger memasukkan tiga pemain baru sekaligus, yaitu Alex Iwobi, Theo Walcott, dan Welbeck.

Arsenal melakukan tekanan bertubi-tubi pada menit-menit akhir. Namun, sundulan Kieran Gibbs dengan mudah ditangkap Pantilimon, sedangkan tembakan Calum Chambers masih melenceng.

Usaha Arsenal untuk mencetak gol membuahkan hasil pada menit ke-88. Welbeck bermain umpan satu-dua dengan Mesut Oezil dan berhasil menaklukkan Pantilimon lewat tembakan terukurnya. Arsenal masih tertinggal 1-2.

Dua menit kemudian, Arsenal nyaris menyamakan kedudukan. Tembakan Iwobi dari luar kotak penalti membentur tiang gawang, lalu Welbeck mencoba memaksimalkan bola rebound, tapi tembakannya melebar.

Hingga peluit panjang berbunyi, Arsenal tak mampu menyamakan skor. Mereka kalah 1-2 dan dipastikan gagal mempertahankan gelar.

Susunan Pemain
Arsenal: Ospina; Chambers, Mertesacker, Gabriel, Gibbs; Coquelin, Elneny (Iwobi 67'); Campbell (Welbeck 68'), Oezil, Sanchez; Giroud (Walcott 68')

Watford: Pantilimon; Nyom, Prodl, Cathcart, Ake; Watson, Behrami; Capoue (Anya 73'), Deeney, Guedioura (Abdi 77'); Ighalo (Amrabat 82')

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Piala FA : Kalahkan Arsenal, Watford Lolos ke Semifinal"

Posting Komentar